BLT UMKM 2,4 Juta Segera Dibuka, Ini Syarat Daftarnya !

Gambar Ilustrasi

Matamojokerto | Kabar gembira bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di Indonesia, pasalnya Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk para pelaku UMKM  dengan besaran nominal Rp 2,4 juta rupiah akan dilanjutkan di awal tahun 2021.

Pemerintah memastikan akan pendaftaran program Bantuan Presiden (Banpres) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM tahap 3 ini akan segera dibuka di awal tahun 2021. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki di media CNBC Indonesia.

“Kami akan terus melakukan evaluasi untuk dilanjutkan program ini hingga tahun depan atau setidaknya hingga kuartal I-2021,” ujar Teten lewat diskusi virtual.

Adapun perpanjangan BLT UMKM hingga tahun 2021 dikarenakan masih banyak pelaku UMKM yang belum mendapatkan bantuan ini di tahun 2020.

Jadi, bagi anda yang sudah pernah mendapatkan bantuan serupa di tahun 2020, tidak bisa lagi mendaftar. Dikarenakan BLT tahun 2021 hanya diperuntukan bagi pelaku UMKM yang belum tersentuh bantuan sebelumnya.

Bagi anda yang belum pernah mendapatkan BLT sebesar 2,4 Juta ini, penting bagi anda untuk menyimak Syarat Pendaftaran berikut ini.

 

Syarat Pengajuan BLT UMKM 2,4 Juta

Dilansir dari laman resmi Kemenkop UKM, berikut berbagai persyaratan yang harus terpenuhi untuk bisa diterima sebagai penerima banpres UMKM tahap 3.

  1. Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Memiliki usaha berskala mikro. Seperti warung, usaha peternakan, pertanian, kerajinan, produk makanan, dan lain-lain.
  4. Tidak sedang menerima program kredit atau pembiayaan dari pihak lain, seperti bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  5. Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, anggota TNI, maupun Polri.
  6. Mengisi formulir pendafataran banpres UMKM yang akan diberikan dinas koperasi dan UKM atau perangkat desa/kelurahan setempat.
  7. Melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi pelaku usaha yang memiliki Kartu Tanda Penduduk yang berbeda dengan alamat domisili usaha.
Baca Juga  Ratusan Warga Desa Lolawang Gruduk PT SAI

Jika Anda memenuhi syarat di atas, maka Anda berpeluang besar mendapatkan suntikan dana 2,4 juta untuk perkembangan usaha Anda. Namun tentu harus daftar terlebih dahulu.

Begitulah informasi mengenai pendaftaran BLT UMKM tahap 3 yang akan segera dibuka pada awal tahun 2021. Semoga bisa membantu. (DIY)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *