Gending ‘Ladran Gajah Seno’ Mengiringi Pemakaman Ki Seno Nugroho

Foto Pengrawit yang Akan Mengiringi Pemakaman Ki Seno Nugroho

Matamojokerto | Yogyakarta – Gending ‘Ladran Gajah Seno’ menjadi iringan peristirahatan terakhir Ki Seno Nugroho pada, Rabu (04 November 2020).

Semasa hidupnya Ki Seno Nugroho pernah mengatakan keinginannya untuk adanya iringan gending jawa jika dirinya meninggal dunia.

Demi mewujudkan keinginan Dalang yang terkenal kondang, dipilih lah Gending ‘Ladran Gajah Seno’ ciptaan Joko Porong pun untuk dimainkan oleh pengrawit dan sinden.

Para sinden dan penabuh gamelan sudah bersiap di depan rumah duka di Dusun Gayam, Argosari, Sedayu, Bantul, Yogyakarta sejak pukul 10.30 WIB.

Saat gamelan mulai dimainkan terlihat wajah sedih dari para penabuh gamelan dan para sinden yang berasal dari grub Wargo Laras yang biasa mengiringi Dalang Ki Seno Nugroho. Setelah alunan gamelan berhenti berbunyi, yang terdengar hanya jeritan tangis dari para personil Wargo Laras seolah tak percaya jika Ki Seno telah berpulang, karena dua hari sebelumnya atau lebih tepatnya pada, Senin (02 November 2020), mereka sempat menggelar pentas wayang secara streaming.

Pencipta Gending Ladran Gajah Seno, Joko Porong mengatakan, gending itu diciptakan sesuai permintaan Seno, untuk inovasi gending dalam pertunjukannya dua atau tiga tahun lalu.

“Dia hanya minta tolong buatkan gending yang bisa untuk saya istirahat (saat pentas),” ucap Joko

“Akhirnya saya membuat gending sebenarnya berangkat dari suluknya dalang, saya bawakan dalam gending agar dia (Seno) Istirahat,” kata Joko di rumah duka, Rabu (4/11/2020).

Joko mengaku tidak mengetahui permintaan Seno untuk diiringi gending ciptaannya.

“Saya baru tahu ini tadi, bahkan saya (bertanya) kenapa harus itu (Gending Ladran Gajah Seno), kenapa harus ngomong itu. Semua pasti enggak ingin (Seno meninggal), Apalagi gawean (buatan) saya untuk itu (gending meninggal),” ucap dia.

Baca Juga  Kronologi Meninggalnya Dalang Kondang Ki Seno Nugroho

Joko mengaku sebagai teman sudah seperti keluarga besar sejak berteman sekitar tahun 1989. Bahkan sudah tinggal di rumah Seno, dan sudah dianggap sebagai keluarga. Dirinya juga sering bermusuhan karena idealis masing-masing. (DIY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *